وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللَّهِ جَمِيعًا وَلا تَفَرَّقُوا Dan berpeganglah kamu pada tali agama (Allah) dan jangan engkau bercerai-berai

Popular posts

TIPS PINTAR MENGOLAH DAGING QURBAN

      SEBENTAR lagi umat muslim di tanah air merayakan hari raya Idul Adha atau lebaran kurban. Pemerintah dan ormas-ormas besar sudah memutuskan jika "lebaran haji" itu jatuh pada 6 November mendatang. Para praktisi kesehatan mengingatkan masyarakat supaya tidak berlebihan menyantap daging kurban. Hati-hati dengan munculnya penyakit lambung.
      Seperti diketahui, masa penyembelihan hewan kurban selama empat hari. Yaitu pada hari raya idul kurban, hingga H+3 atau dikenal hari tasrek.
ini memungkinkan kita akan makan daging selama 4 hari berturut - turut bahkan bisa lebih, tergantung stok daging yang kita peroleh dari hasil sembelihan hewan qurban.

       Disini saya akan memberikan satu tips tentang mengolah daging qurban untuk menghindari faktor bosan makan danging. yaitu dengan mengolah daging menjadi BAKSO,  karena biasanya bakso lebih digemari oleh semua kalangan dari anak - anak sampai orang tua.
  1. Pertama yang harus kita lakukan adalah memisahkan antara daging sapi dan daging kambing, sebab hanyalah daging sapi saja  yang akan kita buat menjadi bakso. bukan daging kambing tidak bisa kita buat menjadi bakso tapi karena daging kambing mempunyai ciri bau yang sangat khas/menyengat (apek).
  2. Setelah kita pisahkan antara keduanya, bawalah daging sapi tersebut kepasar untuk kita giling menjadi daging giling ditempat penggilingan daging, tempat biasanya penjual bakso menggilingkan dagingnya, biasanya ditiap pasar ada. dan jangan lupa kita minta untuk dicampurkan dengan tepungnya langsung, istilah kata langsung jadi bakso.
  3. Setelah proses penggilingan selesai daging giling mulai kita bentuk menjadi bulat tergantung selera bisa kita isikan telur puyuh atau telur ayam, asal jangan telur dinosaurus bro......hehehehe...
  4. Proses selanjutnya adalah penjemuran/ pengeringan. daging yang telah kita bentuk tadi langsung kita jemur dibawah matahari. guna penjemuran atau pengeringan ini adalah mencegah bakso cepat busuk bau atau menghitam.
  5. Terakhir adalah penyimpanan. setelah proses penjemuran selasai atau dirasa cukup, tidak terlalu lama. maka hal yang harus kita lakukan adalah penyimpanan. simpanlah bakso yang sudah jadi itu dilemasi pendingin atau frezer agar awet dan tahan lama.dan bisa kita makan sewaktu - waktu kita mau.
Kelebihan  dari kita buat/olah daging ini adalah rasa lebih nikmat karna akan lebih terasa dagingnya dari pada kita membeli bakso keliling.
Demikian tips pintar mengolah daging qurban dari saya kang Iqbal semoga bermanfaat bagi pembaca semua. amin

 NB: Tips dari ahli kesehatan adalah, supaya masyarakat yang habis mengkonsumsi daging dilarang tidur sebelum dua jam setelah makan daging. "Jika kita tidur, akan  memicu isi lambung naik ke kerongkongan,"
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Tips dengan judul TIPS PINTAR MENGOLAH DAGING QURBAN. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://latanahdatang.blogspot.com/2011/11/tips-pintar-mengolah-daging-qurban.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Kang Iqbal WOX - Kamis, 03 November 2011

Belum ada komentar untuk "TIPS PINTAR MENGOLAH DAGING QURBAN"

Poskan Komentar

Sukron Kasiron untuk kunjungannya............silahkan comen ya....