Etika Mengirim Pesan Singkat ke Dosen

Via SMS, E-Mail, BBM, WA dll
Sebuah pepatah jawa yang sangat populer dan syarat makna yaitu  ajining diri soko lathi, terjemahan pepatah tersebut adalah harga diri seseorang ditentukan oleh tutur katanya (Lathi=lidah),akan tetapi pada era sekarang seseorang berkomunikasi tidak hanya melalui tatap muka akan tetapi menggunakan alat komunikasi baik handphone maupun sosial media yang berbentuk tulisan. Gambaran dari lidah inilah yang tertuang dalam sebuah tulisan, maka penting bagi kita memperhatikan isi dari tulisan yang kita tulis.

Terutama saat kita yang mempunyai keperluan/ butuh terhadap orang yang akan kita kirimi pesan atau tulisan tersebut. maka yang perlu diperhatikan adalah Etika.


Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengirim pesan kepada Dosen:

1. WAKTU MENGIRIMAN PESAN

Usahakan Mengirim pesan pada saat hari dan jam kerja

2. GUNAKAN BAHASA INDONESIA YANG BAIK DAN BENAR
Hindari menggunakan bahasa bahasa gaul atau 4l4y 
Jika dengan menggunakan bahasa daerah misal bahasa jawa maka gunakanlah bahasa jawa krama inggil jangan menggunakan bahasa ngoko. 

3. BUKA PESAN DENGAN SALAM
Ucapkan  "Assalamu'alaikum" dan jangan disingkat. 
bagi Non Muslim gunakan "Selamat pagi atau Selamat Siang".

4. MENUNJUKKAN KERENDAHAN HATI DENGAN KATA "MOHON MAAF"
Sebagai bentuk penghormatan atas mengganggu waktunya, bisa menggunakan kata maaf di awal atau diakhir pesan.

5. SIAPA ANDA ?
Tulis identitas anda karena Dosen bukanlah phonebook berjalan yang menyimpan begitu banyak nomor telepon dalam memorinya. 

5. APA KEPERLUAN ANDA ?
Tulislah dengan jelas dan singkat pesan Anda, jangan bertele-tele atau kepanjangan. 

6. AKHIRI DENGAN UCAPAN TERIMA KASIH

CONTOH : 

Bahasa Indonesia:
Assalamu'alaikum Bapak Victor, saya Ikrima mahasiswa AP Sore semester 5. Maaf pak saya mau menanyakan apakah besok bapak ada waktu untuk bimbingan TA? Terima Kasih

Bahasa Jawa:
Assalamu'alaikum Pak Victor, Kulo Ikrima mahasiswa Pusmanu AP Sore semester 5, ngapunten pak keparing matur mbenjang kulo ajeng kepanggeh njenengan kangge bimbingan TA, wonten wedal mboten inggeh? Matur Suwun.

Semoga setelah ini banyak mahasiswa yang SMS nya jadi jauh lebih baik, sehingga dosen tidak malas membalas smsnya, mahasiswa juga senang karena dosennya juga bisa dan enak dihubungi. Semoga tulisan singkat ini bermanfaat buat anda.
Previous
Next Post »